Minggu, 18 Oktober 2009

MEMBUKA USAHA BARU DARI KEUNTUNGAN USAHA LAMA

Secara keuangan,yang perlu menjadi pertimbangan utama adalah jangan sampai pengembangan usaha baru mengganggu cashflow bisnis utama yang sudah berjalan.Perhitungkan dengan baik kebutuhan modal untuk bisnis baru,dan lihat apakah masih cukup aman untuk mengambil keuntungan dari bisnis utama tanpa mengganggu arus kasnya.Kalau bisa,modal itu disediakan sekaligus,dan bukan mengandalkan keuntungan bulanan dari bisnis primer.Karena kalau mengandalkan dari penghasilan dari bisnis yang lama,nantinya bisnis tersebut bisa “saling bunuh” jika ada masalah keuangan dari salah satu bisnis.
Selain itu,perlu dipertimbangkan juga apakah usaha lama anda sudah mencapai balik moal?Apakah bisnis lama anda sudah sesuai dengan target dan harapan anda?Kalau ya,maka secara keuntungan bisa dibilang cukup aman jika keuntungannya sudah mulai dipakai untuk kepentingan lain.
Cobalah buat proyeksi Cashflow untuk beberapa bulan kedepan,dari sana anda bisa menilai berapa rupiah yang cukup aman untuk diambil keuntungannya dan digunakan untuk bisnis lain.Sedangkan untuk cadangan usaha,juga bisa dilihat dari proyeksi cashflow tersebut.Yaitu dengan melihat beberapa bulan penerimaan yang mungkin akan menurun drastis.Cadangan bisa dibilang cukup memadai jika pada saat bisnis lama anda sedang sepi,anda masih bisa menggaji pegawai dan antisipasi kerusakan peralatan.
Tetapi yang perlu dipertimbangkan juga adalah manajemen anda secara keseluruhan.Apakah bisnis yang dulu bisa ditinggalkan dan sud memiliki sistim yang kuat.Untuk membuktikannya,coba anda menarik diri dari bisnis lama anda untuk beberapa hari,apakah bisnis anda masih lancar.Jika tidak,maka sebaiknya anda buat dulu sistim yang kuat di bisnis lama anda sebelum membuka bisnis yang baru.

(sumber: Ahmad Gozali,Konsultan Perencana Keuangan,Peluang Usaha Hal.16, 14-27 Oktober 2009)

STRATEGI PEMASARAN USAHA CUCI MOBIL DAN MOTOR

Manajemen adalah proses mencapai sasaran bersama dan melalui orang lain.Prosesnya meliputi perencanaan,pengorganisasianpelaksanaan,dan pengendalian.Perencanaan cuci mobil dilakukan dengan penentuan target penjualan.Berapa target mobil/motor dapat dicuci perhari,dan berapa perbulan.Dari target ini berbagai perencanaan untuk mencapai target dapat dilakukan.Besarnya target bisa dilihat dari berbagai aspek,kapasitas,misalnya berapa kapasitas cuci sehari.Pengorganisasian meliputi masalah tenaga kerja yang utama,siapa saja dan berapa orang yang akan bekerja,serta apa tugas mereka.Petugas mencuci,dapat merangkap berbagai tugas lain.
Pelaksanaan dari manajemen adalah bersama karyawan untuk melayani pelanggan.Proses pengendalian merupakan proses memeriksa kembali hasil cucian anak buah,sudah sempurna atau belum.Tentu dalam hal ini tertib administrasi sangat penting.Pencatatan uang masuk dari pelanggan dan pengeluaran untuk kebutuhan pencucian perlu didokumentasi dengan baik.
Persaingan usaha selalu ada dimana-mana.Untuk itu diperlukan cara-cara meningkatkan keunggulan produk.Perlu ditentukan kelas dari pembeli yang menggunakan jasa tersebut.Karena termasuk cuci motor,berarti kelas pembeli adalah menengah kebawah.berarti keunggulan kelas atas bisa dibawa ke bawah.Misalnya tempat cuci yang bersih,dengan lantai keramik yang menarik,meskipun murah,menggunakan sabun salju dsb.,bisa juga menggunakan karyawan pencuci wanita.,tentu akan menarik perhatian pengunjung,karena menunjukan kesetaraan antara karyawan laki-laki dan wanita.
Agar diminati pengunjung biasanya tergantung pada kesan pertama yang sangat menentukan.Berikan pelayanan sebaik-baiknya,jangan sampai mengecewakan,sehingga mereka tidak kapok datang.Untuk itu pemilik harus melakukan kontrol sebaik-baiknya.Sikap ramah kepada pengunjung juga penting.Meskipun demikian perlu disesuaikan.Ada pemilik kendaraan suka cerita,ada yang tidak.Ruang tunggu harus bersih dan nyaman.Timbulkan kesan positif bagi pengunjung,meliputi wujud fisik yang menarik,keramahan pencuci dan pemilik,menggunakan alat yang memang bisa diandalkan.Tanggap terhadap masalah dari pelanggan terhadap motor dan mobil yang akan dicuci dan member jawaban yang memuaskan,serta kepastian dari kendaraan yang jadi terpelihara.Bila kesan positif muncul,diharapkan konsumen akan datang lagi.
Mengenai system upah,ada kelebihan dan kekurangan.Upah harian berarti tidak ada penundaan,dan uang segera dapat diberikan,dan jelas apa-apa yang sudah dilakukan pada hari itu.Tetapi masalahnya adalah pemilik harus menunggu terus sampai usaha tutup untuk embayar upah.Hal ini menyebabkan pemilik tidak dapat berkembang,karena hanya mengurus upah saja tiap hari.Berbeda halnya dengan sistim upah mingguan atau bulanan,pemilik hanya berfikir gaji hari sabtu atau akhir bulan,waktu yang lain bisa dimanfaatkan lebih efisien untuk mengembangkan perusahaan.

(sumber:Yanto Sidik Pratiknyo,Management Consultant PPm Gedung LPPM,Menteng Jakarta.,Peluang Usaha hal.16,14-27 Oktober 2009)

CARA MENGOLAH SUSU KEDELAI YANG BAIK

Mengolah kedelai harus dipelajari dengan hati-hati.Karena jika teknik pengolahan salah,maka akan terasa bau langu,selain itu susu yang dihasilkan bisa pecah.Susu kedelai juga tidak bisa ditambahkan rasa,karena tidak semua bahan bisa menyatu dengan susu kedelai.Diantaranya madu dan temulawak,jika susu kedelai ditambah madu atau temulawak,maka susu tersebut bisa langsung pecah (terpisah antara sari dan air).
Untuk menghilangkan bau dan menghindari pecah,selama perebusan perlu ditambahkan sedikit garam.Teknik pemberian garam juga perlu diperhatikan,salah-salah justru larutan susu bisa gagal (pecah).Garam tidak bisa diberikan sekaligus,harus ditabur sedikit demi sedikit.Periode pemberian garam bisa dilakukan setiap kali pengangkatan getah susu kedelai yang bentuknya menyerupai kembang tahu.Pengangkatan getah susu tersebut sebenarnya bertujuan juga untuk menghilangkan rasa dan bau langu.
Air yang digunakan juga tidak boleh air PAM yang mengandung kaporit,tapi harus bersumber air sumur yang baik.Kaporit bisa menyebabkan susu pecah.Untuk mencapai komposisi susu yang baik bisa menggunakan kedelai dan air dengan perbandingan 1:10.Kedelai yang ada di pasaran sudah dalam bentuk kedelai kupas.Ciri-ciri kedelai yang bagus bisa dibuktikan dengan melihat bekas pinggiran susu kedelai dalam gelas.Jika terdapat bercak-bercak pada pinggiran gelas,berarti susu tidak bagus/tidak tahan lama bahkan 3 jam kemudian bisa pecah.
(sumber: Peluang Usaha,Hal.16,14-27 Oktober 2009)

Jumat, 09 Oktober 2009

Pusat Grosir Pashima

Pashima Model Metalic,Benazir dan Sisip Benang Kilap.

1. Pusat Grosir Cipulir Mas,Jakarta.
2. Pasar Pagi Mangga Dua,Jakarta.
3. Pasar Baru,Bandung.

Info Lebih Lanjut Hubungi:

1. Pusat grosir Cipulir Mas,Jakarta Selatan.
- Toko Mahkota.lt.II BKS NO.23,Tlp.085691910754
- Toko Wirda Collection.Lt.Dasar Blok B no.102,Tlp.021-94076236
- Toko Ega Kerudung.Lt.Dasar Blok B no.127,Tlp.08128555688
- Toko Ferino.Lt.Dasar Blok b no.115,Tlp.021-71591090
- Toko Ririn.Lt.II AKS no.130,Tlp.021-95955415
- Toko Lis Jaya.LtDasar Blok A no.106,Tlp.021-7236712

2. Pasar Pagi Mangga Dua,Jakarta Utara.
- Toko New Ed-in Mode 1.Lt.Dasar Blok CB no.1.Tlp.021-6255261
- Toko New Ed-in Mode 2.Lt.Dasar Blok CB no.3,Tlp.021-6126685
- Toko Neo Ed-in Mode.Lt.Dasar Blok B no.37-38.Tlp.021-62314508

3.Pasar Baru,Bandung.
- Toko Ita Collection.Lt.D1 Blok H no.58.Tlp.022-92165042
- Toko Mode Fashion.Lt.D1 Blok H no.45-48.Tlp.022-4246119
- Toko Fido Collection.Lt.D1 Blok K 02.Tlp.022-4246556
- Toko Karya Baru.Lt.D1 Blok MIB no.27-28.Tlp.022-4246087

(sumber:Kulakan,Hal.30,Peluang Usaha,31 Juli-13 Agustus 2009)

USAHA OLAHAN KORMA

Direktori Usaha Olahan Korma.
Penjual buah Korma.
1. Toko Al balad Tanah Abang,Jl.K.H.Mas Mansyur No.4 A,Tanah Abang Jakarta
Pusat,Telp.021-3107222.
2. Toko Berkah Bersama,Jln.KH Mas Mansyur Ruko No.4,Samping Masjid Jami Al Makmur
Jakarta Pusat,telp.021-3152121
3. M.H Taher Al-Faruq,Jl.Dukuh Pinggir V Rt.008/06 no.5 Tnah Abang-Jakarta
Pusat.Hp.0818699623
4. Assegaf,Komplek Larangan Indah no.24,Ciledug-Tangerang.Hp.081585583663
5. Toko Kurma Bateel,Senayan City Lower ground 55,seberang Food Hall-Jakarta
Selatan.Tlp.021-72781233
6. CV.Amal Mulia Sejahtera,Jl.Rya Kapten Yusuf,Kota Batu,no.64 Ciomas,
Bogor.tlp.085283796218
7. Toko Marwa,Jl.Kauman No.8 Semarang.Tlp.024-70332258
8. Penjual Olahan Kurma-Ahmad Sais Joban,Jl.Ahmad Yani 862,Rt.02/03,Cicaheum
Bandung.Tlp.022-7274633
9. Griya Herbafood,Jl. RS Ibu dan Anak Jatisampurna,Gn.Macan no.55 Rt.01/02
Kranggan,Pondok Gede,Bekasi 17433.Tlp.021-95471850
10. Toko Herbal, Jl.AMD Komp.Bukit Bersinar B-1 Makasar.Tlp.0411-5749036
11. Alat Pendukung Olahan Kurma,PT.Cahaya Mas Cemerlang,Komplek Majapahit Permai Blok
A no.110,Jl.Majapahit no.18-20-22 Jakarta Pusat 10160.Tlp.021-3457537
Produk:
- Alat & Mesin Pengolahan Hasil Holtikultura;Mixer,Blender Buah,Blender Sari
Buah,Mesin Ekstraktor Buah,Mesin Pemasak,Dll.
- Alat & Mesin Pasca Panen Hortikultura;Mesin Packaging,Alat Panen Buah,Mesin
Sortasi Buah,Mesin Pencuci Buah,Dll.
- Mesin (Alsin) Pra Panen;Traktor Tangan,Alat Tanam,Pompa Air,Dll.
12. CV.Agrindo Cipta Mandiri,Perum Permata Saxofone Kav A/6 Tunggul Walung,Malang 65
143.Tlp.0341-9481481
Produk:
- Alat Pengaduk
- Alat Pembuat Sari Buah
- Blender Jus Buah
- Pad Printing & Coding Machine Pencetak Kadaluarsa
- Alat Penutup botol
13. Asosiasi Yayasan Pendidikan Pertanian Indonesia Kantor Pengelola Kekayaan Intele-
ktual dan Alih Teknologi (KIAT) Puslitbang Hortikultura,Jl.Hortikultura no.9
Pasar Minggu,Jakarta SElatan.Tlp.021-7890990
14. Gabungan PengusahaMakanan dan Minuman Indonesia(GAPMMI),Duta Mas Fatmawati Blok
D-1 no.30 Jakarta 12150.Tlp.021-7230091
15. Himpunan Perbuahan Indonesia,Jl.Raya Ragunan No.19 Pasar Minggu Jakarta 12520.
Tlp.021-7806570
16. Asosiasi Pengusaha Hortikultura Indonesia(APHI),Jl.Iskandarsyah Raya
No.1 Kebayoran Baru,Jakarta Selatan.
17. Asosiasi Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia(ASIBSINDO),Komp.Building Mate-
rial Jl.Mangga Dua Jakarta.Tlp.021-601392
18. Perhimpunan Hortikultura Indonesia(Perhorti),Jl.Ragunan no.29 Pasar Minggu
Jakarta Selatan.Tlp.021-7862570
19. Agribisnis Club (ABC),Jl.HOS Cokroaminoto no.83,Menteng Jakarta Puasat.Tlp.021-
3151745
(sumber:Agribisnis,Hal.12,Peluang Usaha,28 Agustus-10 September 2009)