Minggu, 18 Oktober 2009

STRATEGI PEMASARAN USAHA CUCI MOBIL DAN MOTOR

Manajemen adalah proses mencapai sasaran bersama dan melalui orang lain.Prosesnya meliputi perencanaan,pengorganisasianpelaksanaan,dan pengendalian.Perencanaan cuci mobil dilakukan dengan penentuan target penjualan.Berapa target mobil/motor dapat dicuci perhari,dan berapa perbulan.Dari target ini berbagai perencanaan untuk mencapai target dapat dilakukan.Besarnya target bisa dilihat dari berbagai aspek,kapasitas,misalnya berapa kapasitas cuci sehari.Pengorganisasian meliputi masalah tenaga kerja yang utama,siapa saja dan berapa orang yang akan bekerja,serta apa tugas mereka.Petugas mencuci,dapat merangkap berbagai tugas lain.
Pelaksanaan dari manajemen adalah bersama karyawan untuk melayani pelanggan.Proses pengendalian merupakan proses memeriksa kembali hasil cucian anak buah,sudah sempurna atau belum.Tentu dalam hal ini tertib administrasi sangat penting.Pencatatan uang masuk dari pelanggan dan pengeluaran untuk kebutuhan pencucian perlu didokumentasi dengan baik.
Persaingan usaha selalu ada dimana-mana.Untuk itu diperlukan cara-cara meningkatkan keunggulan produk.Perlu ditentukan kelas dari pembeli yang menggunakan jasa tersebut.Karena termasuk cuci motor,berarti kelas pembeli adalah menengah kebawah.berarti keunggulan kelas atas bisa dibawa ke bawah.Misalnya tempat cuci yang bersih,dengan lantai keramik yang menarik,meskipun murah,menggunakan sabun salju dsb.,bisa juga menggunakan karyawan pencuci wanita.,tentu akan menarik perhatian pengunjung,karena menunjukan kesetaraan antara karyawan laki-laki dan wanita.
Agar diminati pengunjung biasanya tergantung pada kesan pertama yang sangat menentukan.Berikan pelayanan sebaik-baiknya,jangan sampai mengecewakan,sehingga mereka tidak kapok datang.Untuk itu pemilik harus melakukan kontrol sebaik-baiknya.Sikap ramah kepada pengunjung juga penting.Meskipun demikian perlu disesuaikan.Ada pemilik kendaraan suka cerita,ada yang tidak.Ruang tunggu harus bersih dan nyaman.Timbulkan kesan positif bagi pengunjung,meliputi wujud fisik yang menarik,keramahan pencuci dan pemilik,menggunakan alat yang memang bisa diandalkan.Tanggap terhadap masalah dari pelanggan terhadap motor dan mobil yang akan dicuci dan member jawaban yang memuaskan,serta kepastian dari kendaraan yang jadi terpelihara.Bila kesan positif muncul,diharapkan konsumen akan datang lagi.
Mengenai system upah,ada kelebihan dan kekurangan.Upah harian berarti tidak ada penundaan,dan uang segera dapat diberikan,dan jelas apa-apa yang sudah dilakukan pada hari itu.Tetapi masalahnya adalah pemilik harus menunggu terus sampai usaha tutup untuk embayar upah.Hal ini menyebabkan pemilik tidak dapat berkembang,karena hanya mengurus upah saja tiap hari.Berbeda halnya dengan sistim upah mingguan atau bulanan,pemilik hanya berfikir gaji hari sabtu atau akhir bulan,waktu yang lain bisa dimanfaatkan lebih efisien untuk mengembangkan perusahaan.

(sumber:Yanto Sidik Pratiknyo,Management Consultant PPm Gedung LPPM,Menteng Jakarta.,Peluang Usaha hal.16,14-27 Oktober 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar